Tuesday, August 20, 2019

TNI Pamerkan Alat Tempur di Bandarlampung


BANDARLAMPUNG (20/8/2019) – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia ke-74, Kodim 0410/KBL menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista). Kegiatan beragenda latihan antar kecabangan itu gelar peran di Lapangan Saburai, Selasa, 20 Agustus 2019.

Tidak hanya di lapangan, TNI juga mengajak warga berkeliling ke sejumlah jalan di Bandarlampung. Tidak lupa, mereka juga membawa pelajar dan masyarakat umum berkeliling menaiki alutsista. Komandan Kodim 04/10 KBL Letkol Arm Wahyu Djatmiko mengatakan, kegiatan Alutsista merupakan salah satu sarana Kodim mendekatkan dan melekatkan hati dengan warga sekaligus memperlihatkan persenjataan yang dimiliki. “Ini merupakan perwujudtan dari kita menunjukan bahwa TNI bersama rakyat kuat,” kata Wahyu.

Dia menjelaskan, keikutsertaan Kodim dalam kegiatan ini untuk menunjukkan eksistensinya kepada warga dalam menjaga situasi keamanan di wilayah Bandar Lampung. Tujuannya, ingin memberitahu ke masyarakat inilah persenjataan sebenarnya yang dipakai oleh TNI AD.

Wahyu menyebutkan ada 14 kecabangan, mulai dari kecabangan Infanteri, Kavaleri, Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), Zeni hingga kecabangan Topografi untuk pemetaan wilayah apabila akan melaksanakan operasi.

Alutsista TNI AD terbaru yang dikerahkan ini antara lain roket Astros buatan Brazil dan Meriam 155 buatan Francis dari kecabangan Armed. Kemudian dari kecabangan Arhanud ada rudal Mistral, Altas dan MPSS. Selanjutnya, dari kecabangan Kavaleri adalah Tank Leopard dan Tank Marder.

RIKI

0 comments:

Post a Comment