Friday, January 24, 2020

Kreativitas Baru Pekon Sukaagung Barat, Tanggamus

BULOK (23/1/2020) – Kreativitas seringkali datang dari inspirasi orang lain. Sudah beberapa tahun, Pekon Sukaagung Barat, Bulok, Tanggamus mencari ide material pokok industri warga untuk menjadi bisnis bumdes setempat.

Saat mahasiswa Unila KKN di pekon tersebut di awal Tahun 2020, musrenbang bersatu suara membuat industri sabun pepaya dan keripik pisang cokelat. Keduanya dipilih karena 80 persen bahan pokok bernilai murah di Sukaagung.

Pj Pekon Sukaagung Barat Erik mengatakan sabun pepaya dipilih karena mahasiswa Unila memaparkan produk ini bisa dijual ke luar negeri. Sedangkan keripik pisang cokelat banyak disukai di tingkat lokal, dan selama ini dibeli dari luar pekon.

Erik menyadari pekonnya tergolong lambat membuat bumdes. Itu sebabnya, lewat musrenbang tahun 2020, mereka memilih generasi muda yang energik untuk menerobos pasar.

Di luar bumdes, Pekon Sukaaagung Barat sukses merealisasikan program yang  berasal dari Dana Desa pada Tahun 2019, di antaranya pembangunan TPA, fasilitas PAUD, bronjong untuk mencegah banjir, dan drainase di sejumlah titik.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Post a Comment