Saksikan Anak Krakatau Meletus dari Jarak 2 Mil

KALIANDA (2/1/2020) – Gunung Anak Krakatau kembali meletus delapan kali, Kamis 2 Januari 2020. Salah satu letusannya disaksikan Kapolres Lampung Selatan AKBP Edie Purnomo dari jarak 2 mil sekitar pukul 11.00 Siang.

Kapolres mengadakan patroli ke Gunung Anak Krakatau bersama Kabag Ops Kompol Yuspita Ujang, Kasat Polair AKP Toni Apriadi, Kasat Reskrim AKP Try Maradona, Kasat Narkoba Iptu Ferdiansyah, dan anggota Satpol Air lainnya.

Kepala Pos Pemantau Krakatau Hargo Pancuran Andi Suardi mengatakan, setelah meletus 18 kali di akhir Desember 2019, aktivitas gunung legendaris itu menurun menjadi 9 dan 8 kali pada awal Januari Tahun 2020.

Seperti disaksikan rombongan Kapolres Lampung Selatan, tinggi letusan yang mencapai 1.000 hingga 2.000 meter pada 30 dan 31 Desember 2019 menurun menjadi 50 dan 200 meter. Setelah itu asapnya membumbung ke arah selatan, yang bisa dilihat jelas dari arah Banten.

Selain ke Anak Krakatau, Kapolres dan rombongan juga mendekati kapal nelayan dan penumpang. Memberikan sejumlah jaket keselamatan dan meminta mereka tidak mendekati kawasan gunung berapi tersebut dalam jarak 2 mil.

AKBP Edie Purnomo juga singgah di Pulau Sebesi, mengecek peralatan pemantau tsunami, yang setiap saat melaporkan ketinggian air di sana ke Kantor Pusat BMKG.

AZIZI

0 comments:

Posting Komentar