Sapi di Lampung Utara Berkembang Biak di Kebun Sawit

ABUNG SELATAN (14/1/2020) -Tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan,  berkunjung ke Lampung Utara, Senin 13 Januari 2019. Tujuannya melihat langsung usaha peternakan sapi potong PT Superindo Utama Jaya yang berintegrasi dengan PT Nakau, di Desa Candimas, Abung Selatan. Kedua perusahaan itu mengembangbiakan ternak dengan memanfaatkan perkebunan sawit.

Direktur Pakan Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sri Widayati, mengatakan, 
tujuan kedatangan mereka karena arahan Dirjen Peternakan untuk mengoptimlkan capaian dan populasi sapi.  Kebijakan pemerintah nantinya meberdayakan pelaku usaha bisnis atau peternak mandiri.

Sri mengapresiasi usaha PT Superindo Utama Jaya dan segala kendala yang dihadapi,  seperti pakan akan dihadapi  bersama. Pola dIsirtibusi dan manajemen stok perlu ditingkatkan. Sehingga sapi tidak tergantung atau terganggu musim, diharapakan perusahanan dapat berkontribusi dalam defisit pemotongan sapi potong.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lampung Utara, Sofyan mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam pengembangan peternakan sapi potong.

Sumin, Direktur PT Superindo Utama Jaya, berharap ada program Ditjen Peternakan dapat menekan impor daging sapi. Perusahaan itu mengembangkan usaha peternakan sapi potong berintegrasi sejak tahun 2018. Kini jumlah sapi potong mencapai 900 ekor.

ADI SUSANTO

0 comments:

Posting Komentar