Friday, January 10, 2020

Sawah Jadi Danau, Warga Pesisir Barat Pilih Mancing

KRUI (10/1/2020) – Hujan sejak malam Kamis merendam setidaknya 150 rumah di Pesisir Barat. Ratusan hektare sawah menjadi danau dan sebagian menjadi tempat warga menjala ikan di Pekon Mandiri, Krui Selatan, Pesisir Barat.

Lewat Telepon, Kepala BPD Pesisir Barat Syaifullah mengatakan rumah terendam 74  di Ngambur, Pesisir Tengah 30, dan Ngaras 30. Hingga Jumat Siang, 10 Januari 2019, jalan menuju Banjar Cahayanegeri dan Sukanegeri putus. Tinggi air masih selutut.

Peratin Negeri Ratu Ngambur Hazairin mengatakan banjir di wilayahnya akibat Wayhanakau meluap setinggi 1  meter pukul 02.30 Jumat Dinihari. Merendam puluhan rumah di Pekon Negeri Ratu, Sukanegeri, dan Banjarnegeri.

Selain membuat ratusan hektare sawah terendam, sungai juga melabrak tanggul di Gunung Kemala Timur. Edison, peratin setempat, mengatakan lahan di pinggirnya tergerus, membuat sebuah gubuk dan surau rusak.

Kepala BPBD Pesisir Barat dan Peratin Negeri Ratu Ngambur mengatakan banjir di Pesisir Barat siklus tahunan. Pada Tahun 2018 ketinggian air bahkan mencapai 2 meter.

YUAN ANDESTA DAN HELMI ADAM

0 comments:

Post a Comment