Wajah Semaka Tanggamus Setelah Banjir Bandang

SEMAKA (10/1/2020) – Banjir bandang malam Jumat 9 Januari 2020 memporakporandakan 4 pekon di Kecamatan Semaka, Tanggamus. Jalan Lintas Barat via Kotaaagung mulai pulih Jumat Sore, 10 Januari, tetapi belum seluruh titik yang terkena longsor bersih dari batu, pasir, dan lumpur.

Pada pagi hari, material dari gunung seperti ditumpahkan ke 4 pekon: Bangun Rejo, Sedayu, Way Kerap, dan Pardawaras. Jebolnya tanggul Way Semaka membuat beberapa titik Lintas Barat ditutupi lumpur, batu, dan pasir.

Petugas gabungan, mulai dari Pemkab, TNI, Polri, dan Dinas PU membersihkan jalanan hingga sore. Petugas PLN juga tampak mendirikan kembali tiang listrik yang rubuh. Kendaraan dialihkan tidak lewat Sedayu.

Dampak banjir bandang terparah terjadi di Banding Agung dan Sukarami, Way Kerap. Pj Kepala Pekon di sana, Arifin,  mengatakan ada gunung yang longsor dan materialnya masuk ke 90 persen rumah penduduk. 

Masjid Baiturahman di pedukuhan Sukarami masih dipenuhi batu hingga Jumat Siang. Demikian juga sekitar 150 rumah penduduk.

Selain Pemkab, TNI, dan Poliri, banyak ormas pemuda membantu. Namun pembersihan dampak banjir di Way Kerap perlu waktu berhari-hari.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Posting Komentar