Monday, February 24, 2020

Lampung Utara : Sulap Pelepah Sawit Jadi Benda Berharga


ABUNG SELATAN (24/2/2020) - Puluhan lansia dan ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok Bina Keluarga Lansia di Desa Kemalo Abung, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara, memanfaatkan sampah pelepah sawit serta lidinya  menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Nusria, Ketua kelompok Bina Keluarga Lansia atau (BKL) Desa Kemalo Abung, Senin 24 Februari 2020 mengatakan, bahwa ada tiga kreteria yang dilakukannya yakni pembinaan usia produktif, nonproduktif. Lansia berusia di atas 60 tahun khusus mengerjakan tirai yang terbuat dari pelepah sawit. Dalam satu tirai dijual Rp 40 Ribu perlembar.

Biasanya para lansia per orang bisa menghasilkan 3 lembar tirai. Sehingga hal itu sangat membantu perekonomiannya. Selain membuat tirai, lidinya bisa dibuat menjadi sebuah piringan dengan cara di anyam.

Potensi ini akan dikembangkan oleh kepala Desa Kemalo Abung, Supriono. Menurutnya, pihaknya berencana melalui Bumdes ia akan coba untuk mendorong pemasaran produk hasil warganya yang sangat bermanfaat untuk membantu perekonomian.

ADI SUSANTO

0 comments:

Post a Comment