Kisah Pahit Remaja 17 Tahun Waykanan Positif Corona

BLAMBANGAN UMPU (19/5/2020) – Remaja itu baru berusia 17 tahun. Ia belum lama merantau ke Jakarta dan mendapat pekerjaan di sebuah rumah makan. Baru tiga bulan, ia mendadak sakit, pergi mengecek ke rumah sakit. Ternyata penyakitnya sudah kompleks: ginjal akut, hepatitis akut, batu empedu, dan dua penyakit lainnya.

Karena tidak ada keluarga, pihak rumah sakit menyuruhnya pulang ke Waykanan. Remaja berusia 17 tahun itu perlu terus-menerus cuci darah, yang bakal menelan biaya berobat besar. Mereka melihat tak seorang pun  menggaransi perantau itu.

Ia tiba di kampung halamannya Baradatu 2 Mei yang lalu, langsung ke RSUD setempat. Kepala Dinas Kesehatan Waykanan Anang Risgianto mengatakan, hanya sehari, dirujuk lagi ke RSAM Bandarlampung dan mulai dirawat di sana sejak 6 Mei.

Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr. Reihana mengatakan remaja itu negatif saat dirapid test pada 3 Mei, namun hasil swab menyatakannya positif virus corona pada 19 Mei.

Remaja 17 tahun itu menjadi warga positif corona keempat di Kabupaten Waykanan, dengan catatan 1 sudah sembuh, 1 dirawat di RSAM, dan 2 diisolasi di RSBNH Kotabaru.

DIYON SAPUTRA DAN JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Posting Komentar