Thursday, May 21, 2020

Positif Corona Tanggamus Kluster Gowa dari Pulau Panggung

KOTAAGUNG (21/5/2020) – Pasien positif virus corona, covid-19 Tanggamus seorang warga Pulau Panggung yang masuk dalam kluster Gowa. Sudah menjalani dua kali rapid test dan berhasil negatif, namun hasil swab positif pada Kamis, 21 Mei 2020.

Sepulang dari Gowa, Sulawesi Selatan, pria berusia 69 tahun itu mengeluh batuk dan pilek pada 22 Maret lalu. Disarankan isolasi mandiri di rumah dan selesai 7 April. Empat hari kemudian,  mengeluh sakit lagi ke Puskesmas setempat dan dirujuk ke RSUD Gisting 12 April.

Almarhum negatif rapid test 15 April, sehingga diperbolehkan pulang besok harinya. Tetapi ia mengeluh sakit lagi pada 2 Mei dan dirawat di RS Mitra Husada. Meninggal dunia 10 Mei dan sempat diswab, berhasil positif.

Pemkab Tanggamus mengumumkan kasus pertama positif kabupaten tersebut malam Jumat, 21 Mei 2020. Hadir di sana Kepala Dinas KesehatanTopik Hidayat, Direktur RSUD Kotaagung, Kepala Puskesmas Talangpadang dr. Eka Priyanto, dan Kepala BPBD Ediyan M. Toha.

Menurut dr. Eka, tenaga medis segera men-tracing setidaknya 38 orang terdekat dengan warga Pulau Panggung yang meninggal, dan jumlahnya bisa bertambah, sesuai pendeteksian petugas.

Hingga Kamis 20 Mei, Tanggamus sudah memantau 14.258 warga dan 397 di antaranya berstatus orang dalam pemantauan, ODP. Sudah selesai pantau 373, masih dipantau 14, dan orang tanpa gejala, OTG, 14. Tanggamus belum memiliki pasien dalam pengawasan, PDP, dan baru pertama memiliki terkonfirmasi positif covid-19.

Dalam temu pers tersebut, Direktur RSUD Mangunang Kotaagung Dian Eka Wati mengatakan, selain menjadi daerah terjangkit sejak 21 Mei, pihaknya kini direpotkan permintaan rapid test dan surat sehat perjalanan, yang seharusnya hanya dilakukan di Dinas Kesehatan Lampung.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Post a Comment