TKI Malaysia Pulang ke Lampung Tinggal Isolasi Mandiri

BANDARLAMPUNG (30/5/2020) – Tujuh TKI Lampung dan Sumatera Selatan tiba di Asrama Haji Rajabasa Bandarlampung, Sabtu pagi 30 Mei 2020. Kepulangan TKI dari Malaysia dan Singapura tersebut difasilitasi Pemprov Lampung bersama BP2MI dan relawan PPLP2MI.

Tujuh TKI terdiri tiga orang pulang ke Waykanan, Lampung Timur, dan Lampung Selatan. Empat lainnya kembali ke Sumatera Selatan. Mereka baru menyelesaikan kontrak kerja setahun dengan penempatan enam TKI Malaysia dan sisanya Singapura.

Kepulangan TKI dijemput keluarga masing-masing. Hayatu pulang ke Lampung Selatan, Ida Susilawati (Lampung Timur), dan Ruminati Mursyid (Waykanan). Tiga pekerja migran Rika Yulianti, Siti Nurhamidah, dan Malika Safitri kembali ke Palembang dan seorang lagi Rohayati mudik ke Oku Timur.

Kedatangan tujuh TKI Malaysia dan Singapura melalui prosedur pendataan dan protokol kesehatan. Kasi Pelindungan BP2MI Lampung Waydinsyah mengatakan para TKI tinggal menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Mereka dipulangkan ke Lampung setelah lolos rapid test Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta dan swab test Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Jakarta. Hasil kedua tes menyatakan nonreaktif atau negatif corona.

Sebanyak 207 TKI pulang ke Lampung selama pandemi corona. Gelombang kedatangan TKI belum berhenti. BM2MI memantau banyak pekerja migran pulang melalui Pontianak, Batam, dan Bandara Soekarno Hatta. Mereka baru dipulangkan ke daerah usai karantina dan swab test.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Posting Komentar