Monday, June 1, 2020

Diskes: Mesuji dan Lampung Timur Belum Layak 'New Normal'

BANDARLAMPUNG (1/6/2020) – Meski Pemerintah Pusat mengumumkan Mesuji dan Lampung Timur sebagai dua dari 102 kabupaten newnormal, Pemerintah Provinsi Lampung tetap memutuskan yang layak di Lampung baru Metro dan Pringsewu.


Kepala Dinas Kesehatan Lampung dr. Reihana mengatakan, hingga Jumat 29 Mei 2020, dua daerah belum terjangkit di Lampung Kabupaten Mesuji dan Lampung Timur. Namun secara epidomologi, Metro dan Pringsewu lebih layak menjadi kawasan new normal.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Reihana, Senin 1 Juni 2020, mengatakan seluruh Pemerintah Kota dan Kabupaten di Lampung umumnya mendesak daerahnya ditetapkan sebagai daerah new normal, tetapi Pemprov masih mengumpulkan data untuk menentukan wilayah mana yang layak.

Menurut dr. Reihana, minimal ada 3 indikator untuk menentukan sebuah daerah menjadi new normal, mulai dari kondisi epidemiologi, kemampuan sebuah daerah menangani covid-19, dan kemampuan daerah melakukan penelusuran kontak terhadap warga berstatus ODP, PDP, dan terkonfirmasi positif virus corona.

Lewat akun twitter, Minggu 31 Mei 2020,  Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan kewenangan kepada 102 pemerintah daerah menerapkan tatanan normal yang baru atau 'new normal'. Seluruhnya  wilayah belum terjangkit atau belum ada pasien terkonfirmasi positif. Di Lampung tinggal Mesuji dan Lampung Timur.

Pemprov Lampung menetapkan Metro dan Pringsewu untuk memulai new normal pada Jumat, 29 Mei 2020, karena menilai layak memenuhi tiga indikator WHO, mulai dari kondisi epidemiologi, kemampuan menangani covid-19, dan penelusuran kontak.

JUHARSA ISKANDAR

0 comments:

Post a Comment