Thursday, June 4, 2020

Ratusan Hektare Sawah Gagal Tanam di Suoh Lampung Barat

BANDAR NEGERI SUOH (3/6/2020) – Ratusan hektare sawah di Bandar Agung, Bandar Negeri Suoh, Lampung Barat tidak bisa ditanam karena Pemerintah belum memperbaiki bendungan Way Haru yang jebol sejak enam bulan yang lalu.

Bendungan Way Haru yang dibangun pada Tahun 2008 sudah dua kali jebol. Pertama pada Tahun 2019, lalu kedua enam bulan yang lalu, putus total, tidak lagi bisa mengairi sawah, yang menjadi sumber penghasilan satu-satunya warga sekitar.

Sarman, warga Bandarsetia, mengatakan saat jebol enam bulan lalu, bendungan hanya ditambal dengan bronjong. Saat sungai deras, bebatuan yang dipasang hanyut bersama konstruksi bangunan yang lain.

Sabarman, warga Sukaagung, menyebut petani di sana tidak menggarap sawah pada tahun ini karena lahannya tidak bisa memanfaatkan tadah hujan. Meski sepekan diguyur, dalam sehari, air hujan menghilang tanpa bekas.

Mandala, Pj Kepala Desa Bandar Agung, mengatakan ia sudah mendengar Pemerintah Kabupaten menyediakan anggaran untuk bendungan tersebut. Namun ia tidak bisa memastikan kapan pembangunan dilakukan.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Post a Comment