Tuesday, June 30, 2020

Tanggamus: Ratapan SD Tertimpa Pohon Kelapa


CUKUH BALAK (30/6/2020) - Bangunan Sekolah Dasar Negeri 1 di Pekon Karang Buah, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus, tertimpa pohon kelapa yang roboh. Akibatnya, satu ruangan yang biasanya tempat belajar murid kelas 1 sampai kelas 3 tidak bisa digunakan. Kejadian pada April 2020, dan sampai kini tak ada tanda-tanda bakal diperbaiki.

Ahmad Muji, guru honorer sekolah itu menuturkan, Selasa, 30 Juni 2020, kondisi bangunan memang sudah memprihatinkan. Gedung yang dibangun tahun 1985-1986 itu hanya sekali direnovasi tahun 2008. Sejak itu tak ada lagi perbaikan, hingga mengakibatkan sarana maupun prasarana belajar tidak memadai lagi.

Selama perjalanannya sebagai tempat menimba ilmu anak-anak kampung setempat, selalu cerita menyedihkan yang terjadi karena kondisi sekolah yang tidak layak lagi. Ahmad Muji mengakui tidak ada perhatian dari pemerintah daerah terhadap sekolahnya.

Jumlah siswanya sebanyak 25 orang juga menjadi catatan tersendiri bagi sekolah itu. Minimnya murid belum diketahui sebabnya, tapi keberadaan sekolah sebenarnya vital karena di daerah itu jarak SD tidak ada yang dekat.

Ahmad Muji berharap dinas terkait turun tangan membenahi tidak hanya sarana tapi prasarana agar sekolah menjadi tempat yang layak. Sebuah tempat untuk mencerdaskan generasi penerus.

MAULANA AS/YUNADA YAMIN

0 comments:

Post a Comment