Alokasi Pamsimas Pesisir Barat Hampir Empat Miliar

KRUI (2/7/2020) –  Pesisir Barat mendapatkan alokasi bantuan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, Pamsimas, dari APBN sebesar Rp3,92 Miliar. Anggaran tersebut tersalurkan ke 16 pekon dengan jatah masing-masing minimal Rp245 juta.

Kabid Permukiman Pesisir Barat Rusli Effendi menjelaskan program Pamsimas tahun ini meliputi 20 pekon. Selain bantuan 16 pekon dari APBN, empat pekon menerima alokasi dari APBD senilai Rp980 juta. Jumlah ini masih ditambah 10 persen dana desa. Program Pamsimas menyasar daerah perdesaan.

Seluruh warga diharapkan mempunyai akses sumber air minum, kelayakan fasilitas sanitasi, dan memiliki permukiman atau rumah tidak kumuh. Program Pamsimas di Pesisir Barat tergolong baru dibandingkan daerah lainnya.

Pamsimas dilaksanakan oleh kelompok kerja masyarakat, KKM, dengan pendamping fasilitator. KKM terbentuk di masing-masing pekon. Program ini dimulai pertengahan Juli 2020. Empat pekon penerima Pamsimas bersumber APBD adalah Pekon Rawas, Gerbang Dalam, Bandarjaya, dan Way Narta.

YUAN ANDESTA

0 comments:

Posting Komentar