Pengusaha Batik Lampung Bidik Pasar Mancanegara

BANDARLAMPUNG (5/7/2020) – Meski baru memulai sepuluh tahun lalu, batik Lampung mulai bersaing dengan daerah lain di pasar nasional dan internasional. Selain lewat online, pengusaha provinsi ini terus berpameran keliling ke Amerika, Timur Tengah, Eropa, dan Afrika.

Batik Siger salah satu yang sering mengadakan pameran ke luar negeri. Perusahaan yang berproduksi di Jalan Bayam 38, Kemiling Raya, Bandarlampung itu  menjual motif siger dan corak Lampung, yang tidak dimiliki pembatik lain dari Jawa.

Terjangkaunya pasar mancanegara membuat Batik Siger menjual selembar kain dengan harga yang variatif, mulai dari Rp200 ribu untuk pasar lokal, hingga Rp2 juta untuk market nasional dan internasional.

Dengan pekerja sekitar 30 orang,  Direktur Batik Siger Laila Alkhusna optimis bersaing, karena pembeli mancanegara umumnya memahami kesulitan pembuatan batik dan memilih corak dan motif yang  tidak monoton.

Bergairahnya pasar mancanegara membuat rumah batik Siger tak henti berproduksi, termasuk saat pandemi covid-19. Mereka bahkan mempersilakan pekerja membawanya ke rumah, dengan alasan masih memiliki anak kecil atau menjaga protokol kesehatan.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Posting Komentar