Sudah Dipecat, Positif Covid-19 di Tulangbawang Barat

PANARAGAN (20/7/2020) – Warga terkonfirmasi positif baru di Tulangbawang Barat, ternyata seorang pekerja rumah tangga yang dipecat dari Jakarta. Ia diminta pulang oleh majikannya pada 12 Juli ke kampung halamannya di Kibang Budi Jaya, Lambu Kibang.

Dr. Majril, kepala Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat, Senin 21 Juli 2020, mengatakan, petugas puskesmas segera memeriksa kesehatan wanita berusia 42 tahun itu. Karena rapid test reaktif, langsung diisolasi ke RSUD setempat.

Dua hari kemudian, petugas RSUD Tulangbawang Barat mengambil sampel swab. Hasilnya diketahui terkonfirmasi positif corona pada 17 Juli dan diumumkan sebagai pasien positif covid-19 Lampung pada 18 Juli 2020.

Kadis Kesehatan mengatakan, warga positif baru itu membuat Kabupaten Tulangbawang tidak lagi zona hijau sejak 18 Juli 2020. Sudah 8 pekan daerah ini menyongsong new normal karena tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif.

Petugas kesehatan, kemudian, men-tracing 20 orang yang pernah kontak. Dari hasil rapid test, seorang dinyatakan reaktif. Untuk memastikannya positif atau tidak, tenaga medis kembali men-swabnya pada 17 Juli 2020 dan mengisolasinya di RSUD Tulangbawang Barat.

Dr Majril mengharapkan hasil swab kontak erat itu negatif. Karena satu orang, upaya menjaga Tulangbawang Barat zona hijau kembali ke pangkal.

FATHUL M EFENDI

0 comments:

Posting Komentar