Itera Lampung Bangun PLTS Terbesar di Indonesia

KOTABARU (14/8/2020) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) bekerjasama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, dan PT Surya Utama Nuansa (SUN), mulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Proyek di lahan seluas 1 ha di kampus tersebut, awal pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama, Jumat 14 Agustus 2020.

PLTS akan menghasilkan energi listrik 1 Mega Wattpeak (MWp) dan akan menjadi PLTS terbesar di Indonesia, yang dibangun di lingkungan kampus sekaligus sebagai laboratorium energi terbarukan. 

Rektor Itera Prof Ir Ofyar Z Tamin, M.Sc, Ph.D, mengatakan, sebagai institut teknologi, ITERA memiliki misi menjadi center of excellence atau pusat unggulan di Sumatera. Untuk itu, ITERA terus berinovasi dan berkolaborasi menjadi etalase perkembangan teknologi di Sumatera, termasuk teknologi bidang energi terbarukan. 
PLTS yang dibangun itu akan memanfaatkan listrik yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan listrik ITERA, dan menjadikan PLTS tersebut sebagai laboratorium pembelajaran tidak hanya untuk mahasiswa dan dosen ITERA, tetapi juga berbagai pihak yang ingin mengembangkan energi terbarukan.  

JUHARSA ISKANDAR 

0 comments:

Posting Komentar