Tuesday, August 11, 2020

Lampung Selatan Berkomitmen Wujudkan Bebas Stunting

BAKAUHENI (11/3/2020) – Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto gencar menyosialisasikan komitmen pemberantasan stunting hingga nol persen dalam tiga tahun. Gerakan ini didukung kampanye swasembada gizi melalui posyandu seluruh kecamatan.

Winarni Nanang Ermanto selalu duta swasembada gizi mengunjungi Desa Semanak dan Totoharjo, Kecamatan Bakauheni, Selasa 11 Agustus 2020. Agenda ini melengkapi kunjungan 11 kecamatan guna menyosialisasikan swasembada giizi sebagai cara memberantas stunting.

Puskesmas dan bidan di Kecamatan Bakauheni bergerak mendukung kampanye swasembada gizi. Gerakan petugas kesehatan mendorong instansi lain termasuk institusi TNI dan Polri terjun bersama mengampanyekan bebas stunting tahun 2023.

Winarni menekankan target bebas stunting menuntut kerjasama dan gotong-royong pemerintah dan seluruh unsur masyarakat. Puskesmas, ahli gizi, dan kader posyandu mengedukasi masyarakat tentang pemenuhan gizi terbaik, sehat, dan seimbang.

Stunting atau kurang gizi akut diberantas dengan lima pelayanan. Pertama pelayanan KIA menjamin ibu hamil sehat dan berkualitas selama 1.000 hari kehidupan dan melahirkan. Kedua, layanan gizi dengan penyediaan konsultasi danmasyarakat konsumtif gizi seimbang.

Ketiga, pelayanan air minum, sanitasi, dan sehat. Keempat, pelayanan sosial berupa pengembangan ekonomi mandiri bagi pemenuhan gizi dengan pemanfaatan pekarangan rumah. Kelima, pelayanan PAUD dengan mengedukasi orangtua dan anak didik berperilaku gizi seimbang.

AZIZI

0 comments:

Post a Comment