Friday, September 11, 2020

Rapid Test Ratusan Pekerja Lampung Barat Nonreaktif

LIWA (11/9/2020) – Puskesmas Rawat Inap Liwa mengadakan rapid test secara mobile di Kecamatan Balikbukit, Lampung Barat, Jumat 11 September 2020. Hasil tes terhadap ratusan pekerja dan pelaku usaha menunjukkan nonreaktif.

Dinas Kesehatan Lampung Barat menjadwalkan rapid test massal dan disiplin protokol kesehatan setelah status zona penyebaran covid-19 turun dari zona kuning ke zona oranye. Test ini sebagai antisipasi dini terhadap risiko penularan virus corona.

Rapid test menyasar pekerja dan pelaku usaha dengan mobilitas tinggi di pasar, pertokoan, salon, bengkel motor, bank, dan perhotelan. Pelaksanaan test secara mobile atau mendatangi sasaran dengan fasilitas dan surveillance atau pemantau Puskesmas Rawat Inap Liwa.

Hasil rapid test lebih 100 peserta menunjukkan nonreaktif. Artinya peserta dalam kondisi sehat dan tidak kemasukan virus berbahaya termasuk covid-19. Tes terjadwal 10 hingga 14 September 2020.

Surveillance Puskesmas Rawat Inap Liwa Eko Susanto mengatakan rapid test secara mobile memudahkan pengelola atau pelaku usaha menjalankan aktivitas. Mereka tidak perlu meninggalkan pekerjaan atau kehilangan waktu hanya karena antre atau bergiliran mengikuti tes kesehatan.

Rapid test makin cepat dan efektif karena Puskesmas Rawat Inap Liwa sebelumnya telah meninjau lokasi serta mendata calon peserta. Pekerja dan pelaku usaha menjadi sasaran tes karena berisiko tinggi terpapar covid-19. Mereka bertemu banyak orang atau pelanggan.

LILIANA PARAMITA

0 comments:

Post a Comment