Thursday, October 1, 2020

Mayat Menyembul Diterjang Banjir Way Sukaraja Tanggamus

SEMAKA (1/10/2020) – Sesosok mayat menyembul di TPU Pekon Sukaraja, Kecamatan Semaka, Tanggamus, karena kuburan diterjang banjir Way Sukaraja, Rabu malam 30 September 2020. Mayat dievakuasi ke ruang isolasi puskesmas setempat.

Sekda Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis menginstruksikan evakuasi secepatnya begitu menerima laporan jenazah menyembul di TPU Sukaraja. Sekda sedang meninjau lokasi banjir bersama anggota Fraksi PDIP Didik, camat Semaka, dan kepala Pekon Sukaraja.

Mayat sampai menyembul ke permukaan karena kuburan terbongkar arus deras Way Sukaraja. Banjir setinggi 1,5 meter merendam kuburan, seratusan rumah, dan Jalan Lintas Barat Sumatera. Banjir merusak sejumlah makam, namun baru ditemukan satu mayat karena kondisi malam masih gelap.

Mayat dievakuasi ke Puskesmas Sukaraja. Sekda Hamid Heriansyah Lubis meminta keluarga dan perangkat pekon mempersiapkan pemakaman kembali keesokan hari. Banjir sampai membongkar kuburan karena lokasi TPU dekat aliran sungai.

Bencana banjir dan longsor menimpa Pekon Sukaraja, Sedayu, dan Way Kerap, Kacapura, Bangunrejo, dan Kanoman, akibat hujan deras Rabu sore. Pantauan Pemkab Tanggamus terdapat empat titik longsor di Pekon Way Kerap dan Sedayu. Longsor terparah setinggi 1,5 meter menutup persimpangan dan tanjakan Sedayu. 

Tumpukan material memutus arus kendaraan di Jalan Lintas Barat Sumatera. Sekda Hamid Heriansyah ubis mengimbau pengendara dari Bandar Lampung menuju Pesisir Barat mencari rest area terdekat atau kantung-kantung parkir. Sebaliknya lalu-lintas dari Bengkulu tujuan Lampung beralih ke Jallan Lintas Tengah Sumatera melaui Krui dan Liwa.

AFNAN HERMAWAN

0 comments:

Post a Comment