Thursday, October 29, 2020

Pembobol ATM Cash Fishing Tertangkap di Lampung Tengah

TERBANGGIBESAR (29/10/2020) – Polsek Terbanggibesar meringkus komplotan remaja pembobol ATM di GGF PT Humas Jaya Lampung Tengah, Kamis 29 Oktober 2020. Tiga pelaku menggasak uang dengan modus cash fishing atau tarik uang saldo tetap utuh.

Komplotan remaja pembobol ATM berinisial LE, 19 tahun, warga Karangagung, Kecamatan Sematka, Tanggamus, bersama FR dan SH, 18 tahun, warga Telukbetung Utara dan Telukbetung Selatan, Bandarlampung.

Usia masih remaja, namun komplotan ini rupanya menyandang predikat spesialis pembobol ATM lintas provinsi Sumatera-Jawa. Sebelum tertangkap di Lampung Tengah, mereka beraksi di Bogor, Jawa Barat, dan Kota Metro.

Tiga pelaku berbagi tugas sebagai sopir, pengawas, dan eksekutor. Mereka mengetahui pembobolan ATM modus cash fishing berkat belajar dari Youtube. Eksekutor menarik uang kiriman kakaknya, namun saldo tidak berkurang alias tetap utuh.

Kanitreskrim Polsek Terbanggibesar Iptu Anwar Halusi mengungkap pembobolan ATM dengan modus tarik uang saldo tetap utuh. Cara ini menggunakan kartu ATM sebagai pancingan dan sebuah alat pipet besi untuk menarik uang dari mulut ATM.

Cara kerjanya seperti umumnya menarik uang tunai dengan ATM. Saat uang sedang dihitung oleh mesin ATM, pelaku memasukkan  pipet besi untuk menarik uang. Masuknya benda asing mengakibatkan sensor ATM membaca adanya vandalism sehingga transaksi dibatalkan. Dengan demikian saldo tabungan tetap utuh. Padahal, uang tetap bisa ditarik keluar dengan paksa.

CHEPIEN RAYDINESYA

0 comments:

Post a Comment