Thursday, December 3, 2020

Lampung Utara Buka Sarasehan Pendidikan Perempuan

KOTABUMI (3/12/2020) – Pemkab Lampung Utara membuka sarasehan pendidikan perempuan mandiri dan kampung literasi di Dusun Mekarsari, Desa Ratuabung, Kecamatan Abung Selatan, Rabu 3 Desember 2020. Kampung ini menjadi percontohan tingkat kabupaten maupun provinsi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Lampung Utara Mikael Saragih menjelaskan  tujuan sarasehan memberikan pelayanan serta pengetahuan luas tentang informasi dan keterampilan. Masyarakat memiliki kecakapan dan wawasan memadai dari jalur pendidikan nonformal.

Dusun Mekarsari, Desa Ratuabung, layak menjadi kampung literasi percontohan baik tingkat daerah. Desa ini mengembangkan literasi yaitu baca-tulis, finasial, budaya dan keluarga. Berikutnya menuju enam literasi yaitu dasar baca-tulis, koperasi, digital, sains, budaya dan keaksaraan serta finansial.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Kesra Azwar Yazid menekankan pentingnya fungtsid an peran perempuan sebagai ibu generasi bangsa baik dulu, kini dan akan datang. Kaum perempuan harus terdidik, terlatih, dan terampil mengasah nurani dan kepekaannya. 

Perempuan masa kini mampu bertindak secara adaptif dan antisipatif sebagai generasi bangsa dengan keunggulan komparatif dan kompetitif, berdaya saing dan berdaya sanding. Perempuan merupakan sosok pembangun peradaban keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.

ADI SUSANTO

0 comments:

Post a Comment