Ribuan PMI Lampung Tertunda Berangkat ke Luar Negeri

BANDARLAMPUNG (4/12/2020) – Ribuan calon pekerja migran Indonesia (PMI) Lampung tertunda keberangkatannya ke luar negeri akibat pandemi covid-19. Para pekerja dipulangkan ke kampung halaman masing-masing guna menghindari timbulnya klaster baru corona.

Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Lampung Ahmad Salabi mengungkap penundaan calon PMI Lampung mencapai 1.300 orang di The Gade Coffe Jalan Teuku Umar Bandarlampung, Jumat 4 Desember 2020.

Pemberangkatan calon PMI Lampung ke luar negeri masih menunggu situasi normal. Saat ini sebanyak 23 negara telah membuka penerimaan PMI  Indonesia. Namun, hanya empat negara paling diminati antara lain Hong Kong, Taiwan, dan Korea.

Ahmad Salabi berharap seluruh BLK swasta di Lampung menaati imbauan pemulangan calon PMI ke daerah masing-masing. Penempatan calon pekerja di penampungan sangat berisiko menambah klaster baru covid-19. Risiko ini mencuat dari peningkatan kasus terkonfirmasi positif.

Sepanjang 2020 setidaknya 8.000 PMI Lampung telah berangkat ke luar negeri. Pengiriman PMI langsung terhenti selama pandemi corona. BP2MI juga memfasilitasi pemulangan 130 PMI karena sakit atau meninggal dunia.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Posting Komentar