Monday, December 21, 2020

Warga Lampung Barat Olah Pelepah Pinang Jadi Bernilai Tinggi

SUKAU (21/12/2020) – Seorang warga Pekon BUmijaya, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat mengolah pelepah pinang menjadi kerajinan unik dan bernilai ekonomi tinggi. Untuk mengembangkan usahanya, dia masih memerlukan bantuan permodalan.

Tumbuhan pinang ini sangat subur di daerah dataran tinggi, salah satunya di Kecamatan Sukau. Pelepah pinang yang dulunya hanya bisa menjadi pembungkus makanan agar tetap hangat atau bahkan sampah yang tidak berguna, kini di tangan terampil Robiyanto, pelepah pinang bisa menjadi aneka jenis peci yang harganya cukup lumayan.

Menurut Robiyanto, Senin, 21 Desember 2020, dia awalnya terinspirasi saat datangnya  wabah covid-19 yang membuat ekonomi rumah tangga menurun. Dia kemudian memiliki ide untuk membuat peci dari pelepah pinang. Ternyata, respon dari masyarakat pembeli cukup lumayan.

Namun, dalam pembuatannya masih ada bahan lainnya yang masih susah didapat. Untuk itu, dia berharap pemerintah daerah dapat membantu dalam meningkatkan produksi peci dari pelepah pinang miliknya. 

Rahman Jalil, Peratin Pekon Bumijaya, mengatakan, bahwa dengan adanya masyarakat yang kreatif ini bisa membantu ekonomi masyarakat. Bahkan, kalau ini berkembang bisa menambah lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

LILIANA PARAMITA

0 comments:

Post a Comment