Rabu, 27 Januari 2021

Harga Telur di Pasar Tradisional Bandarlampung Normal

BANDARLAMPUNG (27/1/2021) – Harga telur di sejumlah pasar tradisional Bandarlampung berkisar Rp21.000 hingga Rp22.000. Harga tersebut tergolong normal dengan tingkat kenaikan dan penurunan Rp500 sampai Rp1.000 per kilogtram.

Kestabilan harga telur di pasaran Bandarkampung berbeda dengan kondisi harga telur di tingkat peternak Magetan, Jawa Timur. Peternak membuang telur satu kandang karena kecewa atas anjloknya harga dan nilanya tidak sesuai dengan biaya pakan. Video pembuangan telur ini viral di media sosial.

Pedagang telur Pasar Pasirgintung mengetahui viral pembuangan telur. Mereka memaklumi kekecewaan peternak, namun membuang-buang telur justru menambah kerugian. Sepengetahuan pedagang, peternak Lampung tidak sampai membuang hasil produksi meski harga jatuh.

Harga telur di Pasar Pasirgintung sama dengan Pasar Baru Smep, Pasar Bawah, Pasar Tugu, dan Pasar Telukbetung. Pengecer rata-rata memasang label harga Rp21.000 pe rkilogram dan Rp11.000 per setengah kilogram.

Pedagang mengakui keuntungan telur tidak lebih Rp1.000 per kilogram. Nilai tersebut tergolong tipis. Konsumen enggan belanja atau berpindah ke pedagang lain jika harga lebih tinggi. Dengan harga normal pun saat ini transaksi masih sepi.

DANDI SUCIPTO

0 komentar:

Posting Komentar