Thursday, January 14, 2021

Tahanan Polres Pringsewu Jalani Rapid Test Antigen

PRINGSEWU (14/1/2021) – Seluruh tahanan Polres Pringsewu dan jajaran menjalani rapid test antigen di halaman Rutan Polres, Rabu 13 Januari 2021. Tes ini sebagai antisipasi penyebaran virus corona.  Jika ditemukan kasus reaktif, tahanan dipindahkan ke rumah singgah.

Rapid test antigen meliputi 96 tahanan dari Polres 28 orang, Polsek Pringsewu Kota 9, Gadingrejo 12, Sukoharjo 19, Pagelaran 17, dan Pardasuka 11 orang. Pemeriksaan kesehatan tahanan ditangani Dinas Kesehatan Pringsewu. Proses ini selesai hanya dalam setengah jam.

Prosedur rapid test antigen mulai pengambilan sampel melalui nasofaring (hidung). Proses ini hanya berlangsung tiga menit. Sementara hasil tes bisa diketahui dalam tempo 12 menit. Khusus tahanan Polres Pringsewu sebanyak 28 orang hasilnya nonreaktif.

Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Bripka Alfian mengatakan hasil rapid test antigen dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan. Hasil tes ini menjadi  rujukan pengiriman tahanan ke rumah tahanan (rutan). Jika ditemukan kasus reaktif, tahanan diisolasi di Rumah Singgah RSUD Pringsewu.

Polres Pringsewu memebrlakukan rapid test antigen sebagai pencegahan penularan covid-19 di lingkungan rutan dan pelengkap administrasi penitipan tahanan. Sejauh ini belum ada klaster corona di seluruh jajaran Polres.

ZAINAL ARIFIN

0 comments:

Post a Comment