Rabu, 17 Februari 2021

Amuk Gajah Liar Obrak-Abrik 5 Rumah Warga OKU Selatan

MUARADUA (17/2/2021) – Kawanan gajah liar mengamuk di Dusun VI Desa Kotadalam, Kecamatan Mekakau Ilir, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan, Selasa 21 Februari 2021. Lima rumah dan berbagai jenis tanam tumbuh diobrak-abrik.

Gajah liar menyatroni permukiman dan perkebunan Kecamatan Mekakau Ilir berulang kali sejak November 2020. Empat desa menjadi sasaran amuk gajah termasuk Kotadalam. Konflik terakhir memorak-porandakan rumah, pondok serta tanam tumbuh seperti sawit, pinang, kopi, dan pisang.

Serbuan terakhir melibatkan enam ekor gajah dewasa pada malam hari.  Amukan gajah tidak menimbulkan korban karena warga kabur lebih dahulu. Namun, konflik dengan gajah menimbulkan keresahan. Warga khawatir kawanan gajah datang tiba-tiba. Kegiatan berkebun terpaksa berhenti sampai gajah dipastikan tidak kembali.

Kepala Desa Kotadalam Ahmad Nuzuldi meminta solusi konflik dengan gajah. Sasaran amuk hewan berbelalai tersebut  makin meluas. Aparat desa sudah melapor ke kecamatan, kabupaten, dan kepolisian. Pengecekan aparat menemukan tingkat kerusakan bertambah parah.

Konflik dengan gajah liar sebelumnya diatasi dengan penggiringan kembali ke kawasan hutan. Upaya ini diawali survei lokasi konflik satwa melibatkan petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi dan resort konservasi wilayah.

HENDRAWAN

0 komentar:

Posting Komentar