Saturday, February 13, 2021

Arus Liburan Imlek di Terminal Rajabasa Tidak Melonjak

BANDARLAMPUNG (13/2/2021) – Momen libur panjang tahun baru Imlek 2572 tidak menimbulkan lonjakan penumpang di Terminal Rajabasa, Bandarlampung. Meski penumpang bus AKDP naik sekitar 15 persen, suasana terminal tetap lengang.

Liburan tahun baru Imlek berlaku 11 hingga 14 Februari 2021. Humas Terminal Rajabasa Yusuf menyebut kenaikan penumpang bus AKDP jurusan Kotaagung, Kotabumi, Pasar Unit II Tulangbawang, dan Mesuji. Kenaikan berkisar 10 sampai 15 persen sejak jumat kemarin. Penumpang hari ini mencapai 510 dari normal rata-rata 270 orang.

Kenaikan penumpang sudah diantisipasi dengan penambahan armada siaga meliputi jurusan Bakauheni 20 bus dan jurusan kabupaten-kota masing-masing 5 bus. Kesiapan armada sudah cukup mengingat arus mudik maupun balik liburan Imlek tidak sampai melonjak.

Nurul Hayati, penumpang bus AKDP jurusan Kotabumi, mengisi liburan Imlek dengan pulang ke kampung halaman. Perjalanan diharapkan lebih nyaman karena penumpang tidak penuh dan ongkos pun tidak naik. Mumpung libur panjang, Andre pulang ke Kotabumi buat menengok orangtuanya.

Tidak adanya lonjakan arus penumpang karena pemerintah melarang aparatur sipil negara (ASN) atau PNS pergi ke luar daerah atau mudik selama libur tahun baru Imlek. Larangan tersebut diatur dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 4 Tahun 2021 tentang pembatasan kegiatan berpergian ke luar daerah.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Post a Comment