Monday, February 15, 2021

Limbah Medis Asal Buang di TPA Bakung Bandarlampung

BANDARLAMPUNG (15/2/2021) – Limbah medis dari rumah sakit asal buang di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Bakung, Teluk Betung Barat, Bandarlampung.  Materialnya berserakan dan menumpuk di beberapa titik.

Pembuangan limbah medis ke TPA Bakung sudah berlangsung belasan tahun. Sebelumnya tidak tampak, karena dibuang ke jurang. Namun dalam beberapa bulan terakhir bercampur dengan sampah warga Bandarlampung lainnya.

Limbah medis dikemas dalam kantong kuning. Karena tidak dibungkus rapi, bekas peralatan dan obat milik rumah sakit itu berantakan tiba di TPA, termasuk soal merk asal, di antaranya bertuliskan RS Urip Sumoharjo Bandarlampung.

Mayoritas limbah terdiri dari botol bekas infus, kantong daerah, selang infus, sarung tangan karet. Terdapat juga pakaian tenaga medis seperti APD dan masker. Dibuang 2 kali sepekan, dengan 2 rit dalam sehari.

Dance dan Evan, pencari rongsok di TPA Bakung, Senin 15 Februari 2021, mengatakan mereka membiarkan saja rumah sakit membuang limbah medis di sana. Botol infus dan jarum suntik masih berharga dan dibeli oleh penampung.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Post a Comment