Sunday, February 21, 2021

Makam Menak Sangaji Menggala: Diziarahi Bupati Hanya saat Pilkada

MENGGALA (20/2/2021)  - Selain kampanye, lobi partai politik, dan lomba pencitraan kepada masyarakat, para calon bupati di Lampung, ternyata juga melaksanakan ziarah ke makam-makam tua dan keramat.

Dari sekian banyak perziarahan tua dan keramat di Lampung, Makam Menak Sangaji di Kelurahan Ujung Gunung, Menggala, termasuk yang didatangi para calon bupati saat pilkada.

Menak Sangaji juga disebut  Paduka Rajo. Ia lahir pada abad ke-15, saat Islam masuk ke Lampung, dan meninggal pada Tahun 1650. Selain menjadi Panglima Besar Kerajaan Tulangbawang, pendiri  Kota Menggala,  almarhum juga dikenal penyebar agama Islam di Tano Lado.

Hingga Sabtu, 20 Februari 2021, juru kunci Rudi mengatakan Makam Menak Sangaji dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Lampung, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Cina.

Rudi mengatakan, saat musim Pilkada, para calon bupati umumnya berziarah ke makam leluhur Kota Menggala itu. Namun, sayangnya, setelah terpilih, umumnya mereka tidak datang lagi.

Rudi menjadi juru kunci sejak Tahun 2009. Dalam waktu relatif singkat, ia sering bermimpi dan melihat kereta berkuda datang ke sana, termasuk di antaranya membawa Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Meski mengalami banyak keanehan selama menjadi kuncen, Rudi sering mewanti-wanti peziarah agar tidak syirik. Ia mengharapkan warga yang datang hanya untuk mendoakan Sang Leluhur, karena layak dihormati sebagai pendiri wilayah dan penyebar agama Islam.

MAULANA IBRAHIM

0 comments:

Post a Comment