Friday, February 26, 2021

Paripurna DPRD Metro, Elaborasi Program Wali Kota

METRO (26/2/2021) – DPRD Kota Metro menggelar rapat paripurna menyambut wali kota dan wakil wali kota Metro di Aula DPRD, Jumat, 26 Februari 2021. Paripurna tergelar setelah pelantikan Wali Kota Wahdi dan Wakil Wali Kota Qomaru Zaman.

Acara dipimpin Ketua DPRD Metro Tondi Muammar dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer, dan menjaga jarak. Paripurna dihadiri 40 orang termasuk Wali Kota Wahdi, Wakil Wali Kota Qomaru Zaman, Forkopimda, dan anggota dewan.

Sambutan Wali Kota Wahdi menjelaskan visi terwujudnya Kota Metro berpendidikan, sehat, sejahtera, dan berbudaya. Visi tersebut diuraikan dalam lima yaitu Wasis, Waras, Wawai, Wira, dan Wadah.

Wasis berarti mewujudkan kualitas pendidikan dan kebudayaan berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan. Waras berarti mewujudkan masyarakat sehat jasmani, rohani, dan sosial.

Wawai berarti mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, terhormat, dan bermartabat. Wira berarti meningkatkan masyarakat produktif serta  Wadah berarti meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur secara efektif.

Misi wali kota Metro dijabarkan menjadi 36 program pembangunan dan dielaborasi dalam sembilan program prioritas antara lain Kartu Metro Ceria (satu kartu banyak manfaat), peningkatan insentif pegiat keagamaan, pendidikan, kesehatan, dan para pamong.

Berikutnya pembebasan Iuran BPJS kelas III, realisasi rumah sakit pendidikan utama fakultas kedokteran, pelayanan publik satu atap, peningkatan sarana prasarana jalan, penerangan jalan, dan IOT ( Internet Of Things), revitalisasi fasilitas olahraga dan budaya, bantuan sarana produksi pertanian dan alat pertanian  serta membangun creative-hub sentra produksi dan pemasaran/E-commerrce lima Kecamatan dan 22 kelurahan.

MARTIN RPD

0 comments:

Post a Comment