Minggu, 07 Maret 2021

Lukisan Bakar dari Limbah Kayu dan Kopi Lampung Barat

WAY TENONG (7/3/2021) - Limbah kayu dan serbuk kulit kopi seringkali hanya menjadi bahan bakar di Lampung Barat. Namun kini, di Pekon Tambak, Way Tenong, para seniman mulai mengolahnya menjadi material lukisan bakar atau pirografi.

Meski baru memulai setahun, Saputra Jaya, pioner pelukis bakar di Way Tenong, Lampung Barat, yakin kerajinan ini menjadi ide untuk UMKM di Kabupaten tersebut, karena materialnya melimpah ruah.

Dengan teknologi pirografi, potongan-potongan kayu menjadi berguna setelah dilukis dengan metode pembakaran. Saputra cukup cepat melukis wajah Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus, hanya dengan menirunya dari sebuah potret di medsos.

Saputra mematok harga minimal Rp200 ribu untuk karya mereka. Selain lukisan, ia dan teman-temannya juga membuat berbagai kerajinan tangan. Salah satu di antaranya yang banyak dipesan, kotak tisu dari serbuk kulit kopi.

Warga Way Tenong itu mengaku kreasi mereka belum pernah dilirik Pemkab Lampung Barat. Ia yakin, dengan suport dinas terkait, kerajinan ini menjadi ide mengatasi pengangguran di kabupaten tersebut.

LILIANA PARAMITA

0 komentar:

Posting Komentar