Friday, March 26, 2021

Pemkab Tanggamus Gelar Musrenbang Kabupaten Tahun 2021

KOTAAGUNG (25/3/2021) - Pemerintah Kabupaten Tanggamus menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tahun 2021 secara virtual meeting di Ruang Rapat Utama, Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus, Kamis, 25 Maret 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Forkopimda, Sekretaris Daerah Hamid Heriansyah Lubis, Asisten Bidang Ekobang Sukisno, Inspektur Ernalia, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tanggamus.

Musrenbang juga diikuti secara virtual oleh para Kepala Bagian, Camat, Unsur Perguruan Tinggi, Instansi Vertikal/BUMN/BUMD, swasta, Ormas/LSM serta insan Pers.

Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega mengatakan musrenbang dimulai sejak bulan Januari 2021 dari tanggal 13-25 di 299 Pekon dan 3 kelurahan. Tanggal 2-19 Februari 2021 di 20 Kecamatan. Konsultasi publik tanggal 24 Februari 2021. Forum Gabungan Perangkat Daerah tanggal 2-4 Maret 2021.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya, mengatakan Musrenbang Tahun 2021 mempunyai nilai strategis, karena dengan melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan membahas rancangan awal RKPD Tahun 2022 mempertajam capaian sasaran prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional yang dipengaruhi pandemi Covid-19, seperti penurunan Partisipasi Angkatan Kerja sebesar 13% dan Pertumbuhan Ekonomi yang mengalami kontraksi -1,77%.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, mengatakan bahwa Forum Musrenbang  menyelaraskan program antar sektor, merumuskan prioritas program dan kegiatan, mengingatkan kembali peran dan tugas, untuk menghasilkan kegiatan pembangunan yang lebih efektif bagi masyarakat, dan mampu menjawab tantangan lingkungan yang dinamis.

Dalam acara itu, Sekda dan Bupati juga menyerahkan Piala dan Piagam Penghargaan Tanggamus Award kepada para pelaku Usaha yang aktif mendukung pembangunan, perangkat daerah yang memiliki prestasi terbaik,  dan hadiah Lomba Film/Video Inovasi Pembangunan Daerah oleh perangkat daerah dan kecamatan.

AFNAN HERMAWAN 

0 comments:

Post a Comment