Monday, March 15, 2021

Wisata Air Sekaligus Terapi di Telaga Sukoharjo I Pringsewu

SUKOHARJO (14/3/2021) – Air berlimpah membawa berkah bagi Pekon Sukoharjo I Pringsewu. Kantor Pekon kini mengelola tiga lokasi wisata, di antaranya yang paling top Telaga Emas Ngudi Rukun, yang mata airnya jernih di musim hujan atau kemarau.

Pekon tidak hanya menyediakan perahu di telaga itu. Mereka menyebar sejumlah jenis ikan seperti jelabat. Ikan mas menjadi pavorit pengunjung karena ramah saat diberi makan di pinggir telaga.

Tak puas hanya sekedar tempat wisata, Kepala Pekon Sukoharjo I Marsandi juga mengembangkan ikan tawes di sana untuk terapi penyakit tertentu seperti rematik atau kolesterol tinggi. Kaki atau tangan dibiarkan menjulur di telaga, ikan datang menyedot penyakitnya.

Sejak memiliki Dana Desa, Pekon Sukoharjo I lebih banyak menggunakan anggaran untuk mengembangkan ekonomi warga. Selain wisata, kawasan ini juga terkenal sebagai sentra peternakan ayam kalkun.
 
Joko Waluyo, ketua kelompok Amrih Sentosa, mengatakan ia tidak bisa menutupi suport Pekon atas keberhasilan mereka. Selain memiliki ratusan kambing pada saat ini, kelompok ternak itu juga pernah meraih penghargaan 10 terbaik tingkat nasional.

ZAINAL ARIPIN

0 comments:

Post a Comment