Tuesday, April 6, 2021

10 Warga Jawa Barat dan Riau Telantar di Lampung

BANDARLAMPUNG (6/4/2021) – Delapan warga Jawa Barat dan dua wanita asal Riau telantar di Bandarlampung, Selasa 6 April 2021. Mereka merupakan korban penipuan kerja di Banyuasin, Sumatera Selatan, dan korban pencopetan di Jakarta.

Delapan pria asal Jawa Barat dan dua wanita warga Riau telantar Riswanto 53 tahun, Erik 25 tahun, Agus Setiana 25 tahun,Yoyo 46 tahun, Eman 28 tahun, Sudaya 58 tahun, Yusup 44 tahun, dan Jajang Sutarya 33 tahun. 

Rombongan bekerja bangunan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Mereka bekerja tiga bulan tanpa gajian hingga kehabisan bekal. Kepulangan ke kampung halaman sampai Lampung berbekal fasilitas surat jalan dari Dinas Sosial Sumatera Selatan. Mereka naik kendaraan secara estafet karena tidak memiliki uang.

Riswanto bersama rekan-rekannya mengaku tertipu. Mereka diajak kerja bangunan di gudang pupuk dengan janji gaji harian Rp150 ribu. Delapan orang telah bekerja dua bulan tetapi tidak mendapatkan haknya. 

Sedangkan dua wanita asal Lingga, Kepulauan Riau, yaitu Yanti 44 tahun dan Ani Marsela 37 tahun, pergi ke Jakarta dengan tujuan mencari keluarga. Namun, mereka kecopetan dalam perjalanan. Mereka balik hanya membawa surat jalan dari Dinas Sosial Jakarta ke Dinsos Lampung secara estafet hingga Riau.

Petugas Orang Terlantar Dinas Sosial Lampung Witoyo mengatakan kesiapan memfasilitasi surat jalan secara estafet kepada delapan warga Sumedang, Jawa Barat, dan dua wanita asal Riau. Pemberian surat jalan berdasarkan rekomendasi kepolisian.

DEDI KAPRIYANTO

0 comments:

Post a Comment