Lampung Barat Terdampak Siklon Tropis Seroja

LIWA (7/4/2021) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan angin kencang melanda Lampung Barat selama sepekan, 3 sampai 8 April 2021. Fenomena tersebut merupakan dampak siklon tropis seroja atau badai tropis.

Siklon tropis seroja ditandai dengan perbedaan tekanan udara di permukaan air laut bagian Barat Sumatera termasuk wilayah Pesisir Barat dan Lampung Barat. Badai tersebut disertai kecepatan angin maksimum dan pertumbuhan awan hujan masif di sekitarnya.

PMG Muda BMKG Lampung Barat Lili Somali mengatakan siklon tropis seroja sempat meningkat pada malam hari diikuti hujan lokal di Kecamatan Balikbukit, Sukau, dan Belalau. Meski berdampak angin kencang, badai tropis tidak berpotensi menjadi angin puting beliung. Badai ini bergeser ke Timur arah Selat Sunda setelah 8 April.

Kepala Pelaksana BPBD Lampung Barat Maidar Munir mengingatkan masyarakat lebih waspada dan siap menanggulangi bencana sewaktu-waktu. Siklon tropis seroja terbukti menimbulkan angin kencang dan curah hujan tinggi pada malam hari. Intensitas curah hujan April 2021 berkisar 301-400 milimeter dengan sifat hujan atas normal 151-200 persen. 

LILIANA PARAMITA

0 comments:

Posting Komentar