Saturday, April 3, 2021

Puluhan Rumah Banjir di Dua Pekon di Pesisir Barat

KRUI (2/4/2021)- Setidaknya 60 rumah terendam banjir setinggi lutut hingga 2 meter di Pekon Sukarame dan Sukabanjar, Pesisir Selatan, Pesisir Barat, pukul 19.00, malam Sabtu, 2 April 2021. Genangan juga membuat puluhan ternak hilang, warga kehilangan padi baru hasil panen.

Hingga pukul 23.00 jelang dinihari, warga masih beberes rumah, yang kemasukan air dari ketinggian selutut hingga sedada. Banyak dari alat elektronik yang rusak. Kursi dan perabotan umumnya ditumpuk agar tak seluruhnya basah.

Peratin Sukarame Mat Ajis menyebut banjir sudah menjadi rutin di sana. Penyebab utama meluapnya Sungai Way Tenumbang dan belum terealisasinya permintaan pembangunan tanggul di kawasan tiga pemangku.

Kapolsek Pesisir Selatan Hasbulloh meminta warga tetap berhati-hati atas banjir susulan. Selain hujan, banjir ia perkirakan juga akibat Angin Barat.
.
Anggota DPRD Pesisir Barat Riza Pahlevi turun ke lapangan melihat rumah  warga yang terendam, hasil panen dan ternaknya hilang. Ia mengamini Peratin yang menyebut pengusulan tanggul di sana sudah lama disampaikan.

Riza berjanji akan memanggil Dinas PU terkait banjir tersebut dan mempertanyakan belum terealisasinya pembangunan tanggul di sana.

YUAN ANDESTA DAN RIKI ANDESTA

0 comments:

Post a Comment