Selasa, 13 April 2021

Tradisi Ngelop Sambut Ramadhan di Lampung Selatan

KALIANDA (13/4/2021) – Warga pesisir Kalianda dan Rajabasa, Lampung Selatan, memiliki tradisi ngelop atau bersih diri menyambut bulan suci Ramadhan. Sehari menjelang puasa, warga beramai-ramai mandi di pantai dengan penuh suka cita.

Ngelop membawa anggota keluarga, kerabat, sahabat, dan tetangga. Tidak sedikit pasangan muda-mudi mandi di pantai sambil melepas penat. Keramaian mandi bersama sebagai wujud kegembiraan menyongsong Ramadhan penuh berkah. 

Bersih diri sebelum puasa bukan di sumur, air terjun, sumber air atau sungai. Mereka hanya memilih mandi bersama di pantai. Warga pesisir menyerbu pantai di seputar Kota Kalianda atau ujung Bakauheni hingga Pantai Pasir Putih Tarahan. 

Ada puluhan pantai menjadi sarana bersih diri atau ngelop. Sebagian datang pagi, siang dan paling ramai sore hingga senja. Pantai Batu Rame dekat pusat Kota Kalianda sampai sesak. Pantai Belebu, Marina, Laguna Helau, dan pantai sekitarnya tak kalah ramai. 

Ngelop membawa keyakinan bersih diri dan bersih hati untuk menjalani puasa Ramadan. Keyakinan ini membuat tradisi ngelop tidak pernah lekang. Sunandar, warga Kalianda, mengaku tidak pernah ketinggalan bersih diri di pantai menjelang Ramadhan. Pantai Batu Rame menjadi pilihan karena dekat, lokasi pinggir jalan, dan gratis.

Pengunjung pantai pada puncak keramaian ngelop bisa mencapai ribuan. Ritual mandi bersama menjelang Ramadhan bukan hanya milik warga pesisir Kalianda dan Rajabasa. Peserta juga berdatangan dari Penengahan, Ketapang, dan Bakauheni.

GELLY

0 komentar:

Posting Komentar