Rabu, 19 Mei 2021

Aktivis PDIP Roworejo, Pesawaran Terjebak Rentenir

NEGERI KATON (18/5/2021) – Kristina Natalia seorang yang dikenal di Dusun Pendowo, Roworejo, Negeri Katon, Pesawaran. Wanita berusia 30-an ini aktivis PDI Perjuangan. Ia juga dikenal tim sukses Dendi Ramadhona saat Pilkada Tahun 2020.

Karena politik belum bisa membelanjai kehidupan keluarga, ia dan suaminya masih mengandalkan pekerjaan bertani di sawah, membuka warung, dan menyertakan  bengkel tambal badan dan steam di rumah.

Sepuluh bulan lalu, seorang rentenir dari Kali Wungu, Kalirejo, Lampung Tengah, menawarkan jasa pinjaman. Dari pemberian Rp1 juta, Rp500 ribu, dan paling besar Rp2 juta, total utang membengkak menjadi Rp18 jutaan.

Kristina merasa menyicil tiap bulan, namun ia tidak memperoleh catatan, dan pinjaman tidak berkurang-kurang. Sepertinya ada saja cara rentenir menyebut angsuran hanya cukup membayar bunga saja.

Jelang Ramadhan lalu, sang rentenir bersama puteranya datang menyita kompresor dan alat steam. Padahal dari sanalah salah satu sumber pendapatan mereka menyicil utang. Bengkel pun jadi tutup dan warung kehabisan modal.

Satu-satunya cara Kristina dan suaminya melanjutkan kehidupan kembali bertani. Ia berharap pengalaman pahitnya berhubungan dengan rentenir menjadi contoh bagi warga yang lain. Jangan berhubungan dengan bank illegal dalam keadaan sesulit apa pun.

MUSPIYAN AGUNG

0 komentar:

Posting Komentar