Selasa, 22 Juni 2021

Kampung Bumirahayu Lampung Tengah Sulap Limbah Jadi Rupiah

BUMIRATU NUBAN (22/6/2021) – Badan Usaha Milik Kampung (BUMK) Manunggal Jaya yang berada di Kampung Bumirahayu, Kecamatan Bumiratu Nuban, Lampung Tengah berhasil mengolah limbah kayu menjadi rupiah. Meski awalnya sempat rugi, dengan kerja keras saat ini sudah mulai membuahkan hasil.

Kepala Kampung Bumirahayu, Asra, menggerakan Badan Usaha Milik Kampung menjadi salah satu usaha kampung yang maju. Kampung awalnya memiliki modal Rp22 juta. Di awal tahun 2021 pernah mengalami kerugian. Namun BUMK tidak patah arang, dan  mempunyai gagasan memanfatkan limbah kayu pabrik dijadikan kotak  kayu pisang.

Dengan kerja keras dan dukungan warga, saat ini olahan dari BUMK berhasil menembus pasar Jakarta. Sudah banyak pesanan untuk pembuatan kotak pisang. Usaha itu mempekerjakan masyarakat sekitar sebanyak 30 kepala keluarga.

Saini, warga setempat mengatakan, dalam sehari bisa merampungkan 50 kotak, dalam per kotaknya mendapatkan upah Rp2 ribu. Dengan adanya kerjaan tambahan ini dia bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga.

SIGIT SANTOSO

0 komentar:

Posting Komentar