Senin, 28 Juni 2021

Puluhan Nelayan Tanggamus Berderet Perbaiki Bagan Tancap

TANGGAMUS (28/6/2021) – Puluhan nelayan yang ada laut teluk Semaka berderet untuk memperbaiki bagan tancap. Dari mulai pantai Tanjungan hingga pantai Guring Kecamatan, Pematang Sawah.

Nelayan pematang sawah  Tanggamus ini, Senin, 28 Juni 2021, saling  bergotong royong membenahi/merehap Bagan tancap milik mereka yang mulai rapuh . Setiap lima bulan hingga satu tahun  tahun, bagan tancap yang berada di dasar laut dengan kedalaman 9-12 meter harus disulam dengan tiang yang baru untuk penyanggah agar tidak rubuh akibat hantaman gelombang besar.

Tiang utama dari bagan tancap umumnya menggunakan batang Jambe yang sudah tua berukuran panjang lebih dari 12 Meter. Tidak sedikit bagan tancap punya nelayan di Pematang Sawah yang roboh karena saatnya direhab belum di rehab. 

Nelayan Bagan tancap beroperasi pada malam hari, dengan mengandalkan lampu untuk mengundang ikan kecil berkerumun di bawah sorotan lampu bagan, yang selanjutnya dianggkat dengan jaring. Hasil tangkapan ikan saat musim lumayan berlimpah, tetapi saat terang bulan akan berkurang.

HARDI

0 komentar:

Posting Komentar