Sabtu, 24 Juli 2021

Bagi-Bagi Jamu Empon-Empon di Kemiling Bandarlampung

BANDARLAMPUNG (24/7/2021) – Setelah membagi sayur-mayur dan lauk-pauk ke warga isolasi mandiri pekan lalu, Polsek Kemiling Bandarlampung kembali menggelar pembagian jamu empon-empon ke pengojek online dan petugas Satgas Covid-19, Sabtu 24 Juli 2021.

Empon-empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional. Tanaman ini biasanya menjalar ke bawah tanah, menghasilkan kuncup ke atas dan akar ke bawah. Jenisnya terdiri dari jahe, serai, lengkuas. Ahli jamu juga mengelompokkan  kencur, kunyit, dan temulawak di kelompok ini.

Material rimpang yang digunakan untuk membuat empon-empon sangat bervariasi, tapi paling umum terdiri dari jahe, temulawak, dan serai. Setelah dimasak, minuman ini biasanya ditambah gula merah, gula pasir, atau kayu manis.

Kapolsek Kemiling Iptu Irwansyah mengatakan pihaknya membagi empon-empon kepada pengojek online dan petugas gabungan Satgas Covid-19, karena keduanya setiap saat berhubungan dengan banyak orang. Perlu stamina tinggi agar tidak tertular virus corona.

RIKI PRATAMA

0 komentar:

Posting Komentar