Senin, 05 Juli 2021

Mandikan ODGJ dan Ajak Ngopi di Fajar Indah, Mesuji

PANCA JAYA (5/7/2021) – Sering datangi rumah warga dengan telanjang, relawan dan Kades Fajar Indah, Pancajaya, Mesuji mencoba menangani seorang ODGJ, Senin 5 Juli 2021, dengan merapikan rambutnya, memandikannya, dan mengajak ngopi untuk mengetahui asal-usulnya.

Masih susah mengetahui asal pria berusia sekitar 30-an itu. Sudah sepekan diawasi dan diberi celana, namun ODGJ melepaskannya, membuangnya, telanjang lagi, mendatangi rumah warga, jika memerlukan makanan.

Kades Fajar Indah M. Nadir dan relawan ODGJ Meseran akhirnya sepakat mendekatinya. Setelah sempat diacuhkan setengah jam, keduanya memotong rambutnya, memandikannya, dan memakaikan pakaian. Pria itu mulai tersenyum, tapi informasi tetap susah diperoleh.

Kades dan relawan juga memeriksa kesehatannya ke Puskesmas Adi Luhur, Mesuji. ODGJ sehat dan tidak dicurigai memiliki penyakit, termasuk terkonfirmasi covid-19.

Kades M. Nadir dan relawan ODGJ mengharapkan warga yang merasa berkaitan keluarga menjemput pria tersebut. Mereka sudah berusaha melaporkannya ke Dinas Sosial dan Diskes Mesuji, tetapi kedua lembaga tersebut tidak memiliki anggaran dalam menangani orang gangguan jiwa.

Untuk sementara, ODGJ ditangani relawan dan Kades Fajar Indah, sambil menunggu keluarga atau pihak RSJ Kurungan Nyawa Pesawaran bersedia menanganinya.

SULISTIONO

0 komentar:

Posting Komentar