Kamis, 08 Juli 2021

Menko PMK di Lampung: Tabung Karatan Silakan Dipakai

BANDARLAMPUNG (8/7/2021) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendi mengatakan tabung gas karatan juga silakan dipakai untuk keperluan pengobatan covid-19, asal dibungkus dengan kain batik.

Prof Muhadjir mengatakan hal itu, Kamis Sore, usai meninjau kesiapan tabung oksigen di sejumlah tempat di Bandarlampung, termasuk di RSAM. Ia didampingi Gubernur Arinal Djunaidi, Kapolda, Danrem, dan Kadis Kesehatan.

Menurut Menko, kebutuhan oksigen saat ini naik 20 ribu ton per bulan, dari biasanya 150 ribu ton. Ia memperkirakan kebutuhan meningkat lagi menjadi 200 ribu ton pada Juli 2021, karena dalam sepekan distributor sudah menjual 50 ribu ton.

Muhadjir mengatakan Pemerintah Pusat tidak akan membantu Lampung dalam soal tabung oksigen. Ia meminta provinsi yang mengatasi, di antaranya dengan menyetop penjualan gas kepada industri, termasuk tukang las.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut ia yakin bisa mengatasi kelangkaan tabung dan gas oksigen. Namun sebelumnya ia meminta Diskes menginventarisasi kebutuhan untuk seluruh rumah sakit dan warga yang isolasi mandiri.

JUHARSA ISKANDAR

0 komentar:

Posting Komentar