Minggu, 08 Agustus 2021

Mancing Gurita di Pantai Tanjung Jati, Lemong, Pesisir Barat

KRUI (8/8/2021) – Pesisir Barat tidak hanya soal surfing dan ikan marlin alias tuhuk. Di Pekon Tanjung Jati, Lemong, nelayan memancing gurita setiap saat, dengan berdiri di bebatuan pantai di sana.

Gurita yang juga disebut octopus karena memiliki 8 lengan. Iklan pemangsa belut laut ini sering jadi inspirasi film dan ngetop lewat The Pirates of Caribbean. Kerap pula jadi santapan kuliner sejumlah youtuber.

Iswardi, warga Pekon Tanjung Jati, baru dapat satu pada Sabtu, 7 Agustus 2021. Biasanya ia memperoleh hingga 5 kg seharian. Jika hanya sedikit, gurita menjadi santapan di rumah. Kalau banyak ia jual Rp32 ribu per kg.

Pantai Pekon Tanjung Jati bermurah hati bagi warga sekitar. Selain air lautnya jernih, penduduk umumnya cukup memakai jala atau pancing mencari ikan, dengan menebar dari pantai atau berdiri di bebatuan.

Mencari ikan juga bagian keseharian anak-anak saat liburan. Mereka bahkan menangkapnya di celah-celah batuan. Tangan mereka begitu cepat menyergap.

Pantai Pekon Tanjung Jati berjarak sejam dari Jalan Lintas Barat, Lemong, Pesisir Barat atau sekitar tiga jam dari Krui, ibukota kabupaten.

RIKI SAPUTRA

0 komentar:

Posting Komentar