Rabu, 25 Agustus 2021

Melongok Pasar Sore di Negara Saka, Pesawaran

NEGERI KATON (24/8/2021) – Ini bukan pasar induk, bukan pula pasar sayur. Awalnya hanya pasar tempel, tetapi spesial buka sore, dari pukul 14.00 hingga 20.00. Namun saat ini pertumbuhannya hampir dengan pasar tradisional biasa.

Terletak di Jalan Branti – Negara Saka, Negeri Katon, Pesawaran, pasar ini malah dibuka sejak dua tahun lalu, saat pandemi covid-19 mulai marak. Meski agak sepi setelah PPKM, pedagang dan pembeli tergolong ramai.

Santi, warga Tegineneng, sengaja membeli keperluan dapur di sana, karena melihatnya lengkap dan ia hanya sempat bebelanja pada sore hari. Seluruh keperluannya ada di sana, mulai dari ikan, daging, sayur, hingga buah-buahan.

Utari, seorang pedagang, mengaku berjualan di sana karena pasarnya bersih. Begitu ditinggalkan habis Isya, pasar bersih saat menggelar dagangan pada siang hari.  Lena, pedagang buah, menyebut betah karena tidak ada preman.

Dalam beberapa bulan terakhir, mulai pula kuliner buka di depan pasar. Namun yang ini buka hingga tengah malam.

Kepala Pasar Ponijan mengatakan ia tidak mengira ide pasar sore ramai di pedalaman atau tidak di kota dan  jalan lintas. Awalnya ia ingin melayani warga yang pada pagi dan siang sibuk di sawah, ladang, atau kerja di kota.

MUSPIYAN AGUNG

0 komentar:

Posting Komentar