Rabu, 11 Agustus 2021

Puluhan Raflesia Sedang Mekar di Lintas Barat Tanggamus

SEMAKA (11/8/2021) – Puluhan Bunga Raflesia jenis Arnoldii sedang tumbuh, mekar, dan layu di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, TNBBS, Wilayah Satu Resort Sukaraja, Semaka, Tanggamus, sejak akhir Juli, Agustus 2021, dan beberapa bulan mendatang.

Terletak di Rhino Camp, 30 meter dari Jalan Lintas Barat Tanggamus – Pesisir Barat, raflesia terbesar tahun ini 75 cm. Di lokasi yang sama pernah juga berukuran 80 cm.

Kepala TNBBS Resort Sukaraja Atas Zubaidi, Rabu 11 Agustus 2021, mengatakan raflesia sedang mekar di tiga lokasi. Terbanyak di Rhino Camp, lainnya  berjarak ratusan meter dan 1 KM.

Selama Juli dan Agustus 2021, 4 sudah mekar dan mulai membusuk. 5 lainnya mekar dalam dua pekan ke depan, dan puluhan lainnya mulai kuncup dan mekar 2, 3, hingga 6 bulan lagi.

Bungka langka jenis Arnoldii hanya tumbuh di TNBBS Sukaraja, Semaka, Lampung. Biasanya tempat ini banyak dikunjungi turis, peneliti, dan pelancong lokal. Namun karena adanya pandemi covid-19 dan PPKM, raflesia terlewat begitu saja.

HARDI

0 komentar:

Posting Komentar