Jumat, 03 September 2021

Dalih Eva Saldo Bank Minim dan Pesisir Barat Tak Tercatat

BANDARLAMPUNG (3/9/2021) -  Heboh saldo bank Pemerintah Kota dan Kabupaten saat Presiden Jokowi membeberkannya pada pertemuan dengan seluruh kepala daerah di Lampung, Kamis 2 September 2021, ditanggapi biasa oleh Wali Kota Bandarlampung dan Sekda Pesisir Barat.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, Jumat 3 September 2021,  mengakui saldo Pemerintah Kota di bank per 27 Agustus 2021 tinggal Rp12,5 Miliar. Anggaran Pemkot sudah dibelanjakan untuk refocusing pandemi covid-19.

Sedangkan Sekda Pesisir Barat Lingga Kusuma menyebut Pemkab sedang membangun, tidak mungkin menabung di bank. 

Soal saldo bank Pesisir Barat menjadi satu-satunya kabupaten dan kota tidak tercatat dalam laptop Jokowi, Sekda menduga hanya karena tidak terekspos.

Namun Wakil Ketua II DPRD Pesisir Barat Ali Yudiem mengatakan lembaga legislatif akan mengecek ke bagian keuangan, apakah karena tidak terlaporkan atau memang sudah tidak memiliki uang di bank.


Dalam rapat dengan seluruh kepala daerah, Kamis 2 September 2021, Jokowi menyebut tabungan Pemkab dan Pemkot di bank paling minim saat ini Tulangbawang Barat Rp9,3 Miliar, Bandarlampung Rp12,5 Miliar, Waykanan Rp43 Miliar, Pesawaran Rp59 Miliar. 

Jika dibandingkan dengan besaran APBD dan belanja Tahun 2021, Kota Bandarlampung menjadi daerah yang memiliki tabungan paling minim di bank hingga 27 Agustus 2021.

Dalam laptop Jokowi yang diperlihatkan dalam virtual conference, Pesisir Barat menjadi satu-satunya dari 15 kota dan kabupaten yang tidak tercatat.

DEDI KAPRIYANTO DAN RIKI SAPUTRA

0 komentar:

Posting Komentar