Selasa, 23 November 2021

Bayi Beruang Madu Lahir di Lembah Hijau Bandarlampung

BANDARLAMPUNG (23/11/2021) – Indukan beruang madu melahirkan bayi di Taman Satwa Lembah Hijau BandarLampung. Kelahiran pertama ini menambah koleksi satwa dilindungi dari ancaman kepunahan.

Seekor bayi beruang madu lahir secara alami dari indukan berusia tujuh tahun bernama Jambrong dan pejantan Wiro berumur lima tahun. Bayi satwa ini belum diberi nama sejak kelahiran Rabu, 17 November 2021.

Komisaris Utama Taman Satwa Lembah Irwan Nasution, Selasa 23 November 2021, menjelaskan bayi maupun indukan beruang madu dalam kondisi sehat. Dokter kesehatan hewan bersama penjaga dan paramedis tetap memantau setiap saat.

Kelahiran bayi beruang madu menjadikan Taman Satwa Lembah Hijau berkontribusi dalam pelestarian satwa dilindungi. Taman ini juga melakukan konservasi satwa lainnya seperti gajah, harimau sumatera, dan siamang.

Dokter Kesehatan Hewan Raysid Ibransyah mengatakan proses kelahiran bari beruang madu berjalan lancar dan pola makan pun teratur. Bayi awalnya berwarna abu-abu dan kini mulai bersuara nyaring.

Beruang madu termasuk jenis satwa dilindungi berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa dilindungi. Populasi beruang madu terus menurun dan terancam punah akibat konflik dengan manusia.

RIKI PRATAMA

0 komentar:

Posting Komentar