Selasa, 02 November 2021

Karya Milenial di Art dan Cangget Bara Festival Lampung Utara

KOTABUMI (30/9/2021) - Puluhan seniman Lampung Utara kembali unjuk gigi pada acara Art Festival keempat dan Cangget Bara Festival kedua, yang berlangsung di Stadion Sukung Kotabumi, malam Kamis, 29 September 2021.

Seperti Festival pada tahun sebelumnya, acara yang disuguhkan menjunjung tinggi kearifan budaya lokal Lampung. Peserta menampilkan drama tarian bulan baka, titian ughiki, tarian cangget khas Lampung Utara.

Selain tarian dan nyanyian, para seniman juga menampilkan musik khas lampung,  yang biasanya digelar untuk acara besar dan kerap diiringi begawi, peristiwa adat.

Festival juga menggambarkan proses perkawinan, yang mengalihkan kedudukan kedua pengantin dengan cakak pepadun, berupa naik tahta adat, dengan seni pertemuan budaya dan Bhinneka Tunggal Ika.

Para peserta juga menampilkan budaya kontemporer, yang menampilkan keterampilan individu dalam membahasakan budaya.

Art Festival keempat dan Cangget Bara Festival kedua juga menampilkan keterampilan seniman Lampung Utara dalam memainkan sejumlah alat musik.

Dibuka oleh Bupati Budi Utomo, Art Festival keempat dan Cangget Bara Festival kedua dihadiri Sekdakab Drs.  H. Lekok, Kadisdikbud Drs.Mat Soleh, tokoh adat, muli mekhanai, sejumlah kepala OPD, dan forkopimda.

Bupati Lampung Utara Budi Utomo mengatakan, dalam menjaga dan melestarikan adat istiadat dan seni budaya Lampung di Indonesia, para seniman harus terus melestarikan tradisi agar tidak tergeserkan oleh zaman.

ADI SUSANTO

0 komentar:

Posting Komentar